KIRA-KIRA APA PENYEBAB MATA BERAIR?

Terkadang kita suka tidak sadar ketika di sedang beraktifitas mata kita sering kali berair tanpa sebab.

Tapi kondisi tersebut biasanya terjadi ketika mata kita sudah mulai kelelahan. Begitupun ketika mata berair sering kali disertai dengan gatal yang dapat mengganggu.

Apalagi disaat kondisi saat pandemic ini, kita benar-benar harus menjaga kebersihan tangan apabila kita sering mengucak-ngucak mata, harap berhati hati karena sedang rentan terhadap virus.

Penyebab Mata Berair

Air mata mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu untuk menjaga kelembapan pada mata, selain itu berfungsi juga untuk mengantarkan oksigen serta juga bisa menghilangkan partikel atau debu yang masuk ke daerah mata.

Dengan adanya air mata juga berfungsi sebagai pencuci mata, bagaimana coba caranya? Dengan kita berkedip itu sama saja seperti kita mencuci mata karena bola mata otomatis dibasahi dan agar mata tidak kering.

Apa yang menyebabkan mata kita berair? Mata berair bisa disebabkan oleh alergi, saluran air mata tersumbat, dan bisa juga karena infeksi.

1.Alergi Bulu Binatang

Mungkin beberapa dari kalian ada yang mempunyai alergi misalnya dari bulu binatang peliharaan atau mugkin kamu tidak kuat berada dilingkuangan yang banyak asap, sehingga bisa menyebabkan mata menjadi merah, berair dan gatal.

Untuk kondisi ini kamu bisa langsung konsultasikan ke dokter agar bisa dapat penanganan yang tepat. Karena mata adalah salah satu alat yang sangat vital.

2.Faktor Cuaca

Faktor cuaca juga bisa menjadi faktor kenapa mata kamu sering berair. Sinar yang terlalu terang, asap yang tebal dan angin yang terlalu kencang menjadi salah satunya karena efek dari radiasi.

3.Kelelahan

Ketika mata kamu kelelahan, ini juga akan membuat mata menjadi berair. Ini sebabkan oleh tenggangnya otot yang berlebih pada dibagian mata sehingga mata akan berkontraksi.

4.Infeksi Mata

Infeksi mata juga akan menyebabkan mata terlihat lebih merah yang dibarengi dengan keluarkan air mata.

Disamping itu air mata yang keluar akan ada semacam lendir yang ikut keluar. Kalau kalian mengalami kejadian ini dan terjadi secara terus-menurus, segara bawa ke dokter agar bisa di diagnose apakah yang menyebabkan infeksi tersebut.

5.Mata yang kering

Ketika mata kering, otomatis tubuh kita akan memberikan respon dengan memproduksi air mata.

6.Gangguan kelopak mata

Gangguan ini biasanya terjadi karena kelopak mata tersebut tidak bisa mengalirkan air seperti biasanya, hal ini akan membuat mata jadi berair.

7.Masalah pada kornea

Mata berair juga bisa disebabkan dengan adanya goresan kecil yang membuat luka pada kornea.

Ketika kondisi ini terjadi maka akan mengakibatkan mata berair dan mata juga akan sensitive dengan cahaya. Untuk mengatasi ini, kamu bisa mengedipkan mata untuk beberapa kali atau bisa juga menarik kelopak mata untuk menghilangkan partikel yang menyebabkan luka.

8.Bulu mata yang tumbuh kedalam

Sudah tak aneh lagi bila ada bulu mata yagn tumbuh mengarah kedalam sehingga bisa menimbulajn gesekan pada mata.

Ketika terjadi kondisi ini maka akan membuat produksi air mata lebih banyak. Bila terjadi dengan kamu, harus cepat-cepat harus dicabut dengan bantuan dokter, karena kalau di diamkan saja akan menyebabkan masalah  yang lebih serius pada mata.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi mata yang berair dan bisa dilakukan sendiri. Penanganan ini bisa dilakukan ketika terjadi emergency agar tidak menganggu aktivitas kita

  • Gunakan obat tetes mata untuk jaga-jaga bila mata kamu kering
  • Lakukan pengompresan pada mata dengan handuk basah yang hangat untuk mengatasi air mata yang tersumbat.
  • Jika kamu punya alergi pada mata, bisa mengonsumsi obat antihistamin agar meredakan alerginya

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *