KENAPA KITA WAJIB MEMAKAI MASKER?

Saat ini dunia sedang landa oleh Covid-19 atau virus Corona. Virus ini menyerang berbagai belahan dunia, mungkin hamper setiap negara pasti ada penularannya.

Katanya banyak yang bilang bahwa virus ini berasal dari negara China dan memang sudah banyak yang mengklaim bahwa China terdeteksi virus tersebut dari awal Desember 2019.

Virus ini sebenernya sudah ada sejak lama dan biasa ditemukan di beberapa hewan seperti kelelawar, tikus, kelinci, anjing, babi dan kucing.

Virus ini menyebab dari hewan satu pada hewan lainnya. Lalu muncul penelitian yang menyebutkan bahwa virus tersebut berasal dari kelelawar karena kelelawar sendiri punya genetic yang 90% hamper sama dengan manusia.

Jadi virus ini infeksinya bukan langsung dari kelelawar, melainkan dari spesies lain yang terinfeksi lalu menyerang tubuh manusia.

Pada awalnya China merupakan salah satu negara yang tertinggi kasusnya. Namun lama-lama virus ini terus menyebab ke negara lain.

Bahkan ketika China sudah pulih dari virus tersebut dan sudah mencapai terinfeksi 0, negara lain malah terus bertambah kasusnya sampai pada akhirnya kasus ini muncul di Indonesia.

Pada awal Maret, Pemerintah membuat pernyataan bahwa ada 2 warga negara Indonesia yang terjangkit oleh virus ini. Dan semakin lama, kasus pasien yang terjangkit semakin banyak.

Hingga saat ini, pasien yang sudah dinyatakan positif covid-19 sudah mencapai hamper 60 ribu. Angka yang fantastic bukan.

Padahal pemerintah sudah menerapkan segala macam cara demi menurunkan kurva penyebaran ini, tetapi apabila masyarakatnya masih ngeyel dan susah di atur, virus ini akan terus menyebar dan kita susah untuk beraktivitas lagi seperti biasa.

Awal Juli sekarang, banyak tempat-tempat yang sudah buka kembali seperti sebelum terjadi pandemic ini.

Tetapi dimanapun kita berada, selalu ada protocol kesehatan yang dimana kita wajib memakai masker, selalu membawa hand sanitizer, dan selalu menjaga kebersihan dengan cara cuci tangan.

Kira-kira kenapa sih kita harus selalu menjaga kesehatan dengan menggunakan masker dan sebagainya?

Manfaat Menggunakan Masker Selama Pandemi

Virus ini merupakan virus yang penularannya sangat cepat, bahkan kalo seseorang sudah dinyatakan positif, lalu dia memegang suatu barang dan barang tersebut di pegang lagi oleh oranglain, maka si orang kedua kemungkinan besar akan menjadi orang dalam pemantauan, dan orang ini diharuskan isolasi diri dirumah agar tidak menyebarkan kepada orang lain.

Lalu gunanya pakai masker apa? Nah disaat ada seseorang yang dinyatakan positif corona atau memang di dalam diri orang tersebut sudah terjangkit lalu ia batuk atau bersih, setidaknya virus tersebut tidak jatuh disembarang tempat.

Melainkan virus itu akan nempel di maskernya. coba bayangnya misalnya ada seseorang yang batuk atau bersin tidak memakai masker, lalu virus tersebut nempel pada suatu barang dan barang tersebut di pegang oleh orang lain.

Apa yang akan terjadi? Tepat sekali, si orang kedua yang memegang barang tersebut akan tertular oleh si orang yang pertama.

Intinya gunakan masker kemanapun kita pergi mau jauh atau dekat. Kita tidak boleh egois merasa diri kita sehat, padahal belum tentu karena bisa saja kita ada carier atau pembawa.

Carier sendiri merupakan orang yang sudah terjangkit virus tersebut, tapi dia tidak menunjukan gejala apapun karena imun tubuhnya lebih kuat daripada virus.

Yang terpenting setidaknya kita sudah mengikuti anjuran pemerintah dalam hal protocol kesehatan. Agar angka covid di Indonesia cepat turun dan kita bisa beraktivitas normal seperti dahulu.


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *