CARA MEMBERSIHKAN RAMBUT PADA PASIEN

Rambut merupakan organ yang sangat penting bagi manusia dan juga dapat menjadi hiasan tubuh bagi seseorang.

Selain itu rambut merupakan mahkota buat setiap perempuan. Mempunyai rambut yang kepel tentunya tidak di harapkan oleh semua orang, karena akan menimbulkan berbagai masalah.

Yang pertama bisa menjadi sarang kuman, yang kedua menimbulakn efek tidak nyaman di kepala dan yang terakhir akan menimbulkan berbagai penyakit pada kulit.

Perawatan rambut juga sudah menjadi prosedur untuk pemenuhan kebutuhan kebersihan diri dan lingkunangn yang merupakan bagian dari kubutuhan setiap manusia.

Kebersihan diri juga sangat penting karena akan berdampak utnuk penyembuhan pada pasien terutama yang di rawat di rumah sakit.

Kebersihan yang dilakukan tidak hanya pada rambut, tapi juga bisa dilakukan dengan berbagai cara misalna membersihkan tubuh (mandi), menggosok gigi, hingga menggunting kuku.

Penelitian telah membuktikan bahwa lingkungan rumah sakit yang tidak bersih bisa menjadi sumber penyakit untuk meminimalisir adanya penyakit baru, lingkungan sekitar juga harus bersih dan dimulai dari diri sendiri

Mempunyai rambut yang sehat dan bersih tentunya menjadi sebuah impian setiap perempuan dan temrasuk semua org, sehingga yang menjadi pertanyaan apakah memiliki rambut bersih dan sehat hanya di perentukan untuk orang yang sehat? Bagaimana kalau orang tersebut sedang sakit dan sedang dirawat? Bagaimana cara perawatan rambut pada pasien yang sedang dirawat? Yuk di simak baik baik ya.

Ada beberapa alat yang diperlukan untuk melakukan tindakan hair care ini, yang pertama ada set hair care.

Lalu ada shampoo board, ini berguna untuk menopang kepala pasien saat di bersihkan lalu air tersebut akan keluar melalui bolongan di ujung shampoo board tsb. Kemudian kalau misalnya tidak ada shampoo board ini bisa diganti dengan bantalan atau perlak.

Kita juga harus menyiapkan shamponya. Sebelumnya seorang perawat harus menvalidasi terlebih dahulu kepada pasien apakah pasien tersebut ada Riwayat tidak cocok dengan merk shampoo atau tidak.

Kemudian harus siapkan sisir rambut, lalu siapkan juga handuk muka, dan handuk untuk pengganjal leher. Dan terakhir siapkan handuk besar untuk mengeringkan rambut.

Ohiya perawat juga harus dan wajib menggunakan apd dan masker (apabila pasien punya Riwayat penyakit infeksius) untuk menghindari penularan penyakit dari pasien. Sebelum pelaksanaan dimulai, ruangan harus terang dan cek identitas diri dari pasien.

Lalu perawat tersebut harus cuci tangan dahulu, kemudian memakai alat pelindung diri. Setelah itu perawat harus memakai sarung tangan.

Sebelumnya perawat harus mengecek kondisi kulit kepala dan rambut sang pasien, harus dilihat apakah inflamasi atau ada penyakit pada kulit atau tidak.

Posisi klien harus dalam keadaan supine. Setalah itu langsung dilaksanakan dari pembersihan pada rambut.

Perawatan rambut ini harus dilakukan ketika rambut pasien sudah kotor dan juga agar kondisi kepala pasien tetap bersih dan menghindari dari penyakit kulit.

Jika keadaan pasien ini memungkinkan bisa diakukan secara rutin selama 3 hari. Dan harus di perhatikan bahwa pasien harus keadaan bed rest total.

Tujuannya dari perawatan rambut ini untuk meningkatkan kenyamanan pasien sehingga pasien tetap merasa fresh.

Pencucian rambut juga akan merangsang peredaran darah di bawah kulit kepala. Yang terpenting apabila kita sedang dalam kondisi sakit, kebersihan itu tetap di perlukan.

Karena yang namanya sedang sakit berati imun tubuh kita lagi lemah, dan lebih gampang terserang oleh bakteri atau virus.  Sementara itu untuk badan, kita


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *