JENIS-JENIS PENYAKIT KULIT

JENIS-JENIS PENYAKIT KULIT

Penyakit kulit biasanya paling rentang menyerang manusia entah itu penyakit yang masih ringan hingga penyakit yang serius. Dan pastinya hampir semua orang sudah mengalami beberapa penyakit kulit yang ringan seperti bisul atau jerawat. Penyakit kulit memang bisa membuat kita tak bisa tampil percaya diri, secara penyakit ini bisa dilihat secara visual oleh orang lain.

Kulit juga merupakana organ terluar yang paling besar pada tubuh untuk melindungi organ yang ada di dalamnya. Jika kulit tak dirawat sudah pasti rentang terhadap penyakit kulit misalnya kemerahan. Penyakit kulit pun biasanya menyerang secara mendadak tanpa ada gejalanya terlebih dahulu. Setiap penyakit kulit juga pengobatannya beda-beda ya guys, penasaran kan ada apa aja jenis-jenis dari penyakit kulit?

Jenis Jenis Penyakit Kulit

1.Jerawat

Penyakit kulit yang pertama ini bisa dikategorikan sangat ringan hingga yang paling parah. Jerawat ini gak hanya menyerang daerah wajah saja, tapi terkadang bisa juga menyerang bagian punggung belakang. Jerawat juga bisa membuat penderitanya gak percaya diri. Jika wajah kotor dan jarang di bersihkan, itu akan rentang terhadap tumbuhnya jerawat.

Pengobatan jerawat pun macam-macam, tergantung kondisinya seperti apa, banyak obat jerawat yang dijual di apotek, atau jika sudah terlalu parah kamu bisa konsultasikan ke dokter.

2.Bisul

Bisul merupakan benjolan berwarna merah yang bisa membesar. Bisul ini akan sangat mengganggu karena ada rasa nyeri bila tersentuh. Bisul biasanya tumbuh di bagian pantat dan ketiak. Bisul ini disebabk oleh infeksi bakteri yang bisa lewat melalui kelenjar keringat ataupun kelenjar minyak.

3.Herpes

Penyakit kulit lainnya yaitu Herpes atau bisa disebut dengan cacar ular. Herpes ini bisa menyerang siapapun tak kenal usia karena disebabkan oleh virus. Jika mengalami gatal di kulit dan berubah menjadi hitam benjol kecil, segera datangi dokter kulit agar diberi obat salep.

4.Eksim

Eksim merupakan penyakit kulit yang bisa menimbulkan rasa gatal serta kulit yang kemerahan. Tak hanya gatal yang ditimbulkan, kulit pun bisa menjadi sangat kering hingga bersisik. Eksim biasanya akan muncul di bagian siku, lipatan, dan leher. Jika eksim ini sudah kronis bisa bisa saat kulitnya mengelupas akan keluar cairan dan membuatnya sangat gatal.

5.Kudis

Penyakit kulit selanjutnya yaitu Kudis. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabka oleh parasite seperti tungau atau mungkin infeksi cacing. Tak hanya itu saja, kudis pun bisa terjadi jika seseorang tak menjaga kebersihan tubuhnya khusunay kulit atau rumah yang kotor. Penggunaan pakaian yang terlalu lama atau bergantian memakai handuk juga bisa menimbulkan penyakit ini.

6.Kurap

Kurap atau panu merupakan penyakit kulit yang diseabakan oleh jamur. Gejala yang ditimbulkan biasanya terdapat lingkaran dengan sisik dan rasa gatal yang tak tertahankan. Jamur ini akan senang jika hidup di tempat yang lembab, makanya ada baiknya jika kamu selalu menjadi kebersihan lingkungan. Jenis penyakit yang seperti ini bisa diobati dengan obat oles yang bisa dibeli dari apotek, atau jika sudah terlalu parah biasanya akan diresepkan oleh dokter.

7.Dermatitis Seboroik

Penyakit kulit yang ini biasanya akan menyerang pada bagian kulit berminyak seperti punggung dan wajah. Bahkan penyakit ini bisa menyerang area kepala, jika kamu pernah mengalami ketombe, nah kondisis seperti itu bisa disebut dengan dermatitis seboroik.

8.Dermatitis Kontak Iritan

Penyakit yang terakhir ini juga paling rentang menyerang siapapun yang memiliki kulit sensitive. Kontak iritan ini bisa terjadi karena tak cocok dengan pemakaian bahan kimia seperti sabun dan detergen. Tanda-tanda yang muncul pun seperti iritasi, kemerahan, bahkan bisa hingga melepuh jika memang kulit tak kuat dengan bahan-bahan yang keras.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *